Minggu, 04 September 2011



Identitas  GMKI

GMKI selama ini mempunyai identitas yang  disebut   PANCA  KEGIATAN.  Panca Kegiatan dari Tri Panji GMKI  ini  adalah  bagian dari hidup setiap anggota  dimana  saja berada, sehingga sering disebut sebagai identitas GMKI.

Adapun  Lima Aktivitas dimaksud adalah sebagai  berikut  :

1.      Gerakan  Kader    

GMKI dikatan sebagai   gerakan kader, karena  didalam seluruh usahanya sebagaian besar program diprioritaskan dan  diarahkan  pada  program pendidikan kader. Dengan tujuan senantiasa dapat membina dan membentuk sejumlah kader yang siap dipakai baik untuk konsumsi   intern organization  maupun  untuk konsumsi extern organization. Artinya bahwa sebagai organisasi kader,  GMKI selalui berupaya  membina dan membentuk sejumlah kader  yasng siap dipakai  baik secara  intern bagi GMKI sendiri selama yang bersangkutan masih berstatus anggota, maupuan  yang bersangkutan  berstatus senior ketika terjun di masyarakat.
GMKI  sebegai organisasi kader dalam program kerjanya  lebih banyak menitik beratkan  upaya pendidikan kader, namun tidak  mengabaikan faktor kwantitatif keanggotaan.

2.      Gerakan Evangelisasi

GMKI   sebagai gerakan evangelisasi. Yang dimaksudkan disini ialah bahwa  GMKI seabgai salah satu  Organisasi Kepemudaan yang bernafas Kristen dengan menjadikan Kristus  selaku  Kepala Organisasi. maka selaku anggota GMKI harus tetap setia dan taat pada panggilan Firman Allah.  Dengan demikian maka salah satu tugas pokok kade  GMKI adalah evangelisasi  ( Pekabaran Injil / PI ). Sebagaimana dirumuskan dan dituangkan  sebagai tujuan  organisasi dalam  Anggaran Dasar  pasal  3  ayat  1 ;  yang mana disebutkan bahwa  “Mengajak mahasiswa dan warga  perguruan tinggi  lainnya kepada pengenalan akan Yesus Kristus selaku Tuihan dan Penebus dan memperdalan iman dalam kehidupan dan pekerjaan  sehari-hari “.
Itu berarti harus diyakini bahwa  usaha  memenangkan jiwa bagi Kerajaan Allah adalah tanggung jawab iman anggota GMKI kapan danm dimana saja, baik  selaku pengurus maupun anggota. 


3.      Gerakan  Studi

Sebagai organisasi yang beranggotakan mahasiswa,  salah satu program utamanya adalah  studi, yang disislain secara individu panggilan dan tugas pokok setiap mahasiswa. Maka GMKI sebagai organisasi ikut  memberi motifasi kepada setiap anggota  agar dapat meraih kesuksesan dalam  program studi yang ditekuninya. Namun tidaklah berarti bahwa setiap  mahasiswa cukup menjadi anggota dan pasif terhadap  berbagai kegiatan  GMKI yang lain , karena harus kosentrasi penuh pada belajar supaya sukses. Melainkan harus disadari bahwa GMKI  melalui kegiatan-kegiatan yang lainnya justru  menawarkan kesempatan-kesempatan untuk setiap anggotanya dapat belajar  ketrampilam-ketrampuilan praktis yang tidak  dikurikulumkan  dalam  proses belajar mengajar di perguruan tinggi. Berbagai kesempatan untuk membina  membina dan melatih diri tampil sebagai  seorang pemimpin  selalu terbuka lebar  jika maun belajar dengan sungguh di GMKI   melalui  seluruh  kegiatan-kegiatan. Yang diprogramkannya.

4.      Gerakan Experimen.

GMKI    sebagai  wadah permanen ada dan terus ada dengan  beranggotakan mahasiswa  sebagai  masyarakat  ilmiah secara terus-menerus  mencari nilai-nilai kebenaran secara ilmiah. Maka sebagai organisasi yang dinamis GMKIpun dalam sejarah perjalananya selalu berada dalam proses eksperimen. Misalnya GMKI selalu berada dalam pergumulan
Bagaimana harus merumuskan program-program yang relevan dan menarik, mencari metode-metode pelayanan yang tepat,  merumuskan bentuk struktur yang baru agar tercapai tujuan  dan lain sebagainya.  Namun ini tidak berarti anggota GMKI dijadikan kelinci-kelinci percobaan.  Semua ekperimen ini dilakukan dalam pemahaman bahwa organisasi yang terus – menerus  mengalami perubahan adalah  organisasi yang terus berupaya untuk menjawab  tuntutan jaman kebutuhan anggotanya,  sebab itulah cir suatu organisasi yang aktif dan dinamis.

5.      Gerakan  Berekreasi.

Dikatakan sebagai  gerakan berekreasi, artinya bahwa GMKI harus membina diri secara utuh, yaitu jasmani dan rohani   atau secara psikis dan fisik. Tujuannya adalah supay menikmati segala ciptaan dan kebahagiaan yang diiberikan oleh Tuhan. Berrekreasi adalah bentuk  revrecing yang bertujuan memberi nuansa baru sehingga ada gairah dan semangat baru  untuk kembali kedalam kungkungan rutinitas. Bagi kita GMKI kesempatan rekreasi ini dipandang perlu dan  harus dijadikan sebagai moment dimana kita bisa  melepas kejenuhan setelah terforsir dan bentuknya bisa dikemas dalam berbagai cara, misalnya bentuk pembinaan rohani, pelayanan sosial  dan lain sebagainya.

Kelima  aktivitas pokok   GMKI  yang disebut Panca Kegiatan inilah yang kemudian  dikenal juga dengan sebutan  TRI PANJI GMKI   ( Tinggi  Iman;  Tinggi  Ilmu  dan  Tinggi  Pengabdian ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar